Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Pasundan

UNIVERSITAS PASUNDAN

Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Pasundan

Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.

Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.

Kata “sistem” banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.

  • Objek, yang dapat berkiupa bagian, elemen, ataupun variabel. Ia dapat benda fisik, abstrak, ataupun keduanya sekaligus; tergantung kepada sifat sistem tersebut.
  • Atribut, yang menentukan kualitas atau sifat kepemilikan sistem dan objeknya.
  • Hubungan internal, di antara objek-objek di dalamnya.
  • Lingkungan, tempat di mana sistem berada.

Elemen sistem

Ada beberapa elemen yang membentuk sebuah sistem, yaitu : tujuan, masukan, proses, keluaran, batas, mekanisme pengendalian dan umpan balik serta lingkungan. Berikut penjelasan mengenai elemen-elemen yang membentuk sebuah sistem :

  1. Tujuan

Setiap sistem memiliki tujuan (Goal), entah hanya satu atau mungkin banyak. Tujuan inilah yang menjadi pemotivasi yang mengarahkan sistem. Tanpa tujuan, sistem menjadi tak terarah dan tak terkendali. Tentu saja, tujuan antara satu sistem dengan sistem yang lain berbeda. Tujuan Penerimaan Mahasiswa Baru memilih calon mahasiswa baru yang memiliki latar belakang kemampuan akademik memadai, agar dapat mengikuti kan sesuai dengan kompetensinya dengan tepat waktu. Jalur Ujian Masuk Universitas Pasundan ini, calon mahasiswa dapat memilih secara bebas program studi yang diinginkan di lingkungan Universitas Pasundan tanpa harus datang ke Universitas Pasundan yang dituju. Materi uji dan pelaksanaan test tertulis diselenggarakan secara bersama dan serentak di Universitas pasundan. Meskipun demikian, bagi calon yang mendaftar di Universitas Pasundan, maka pilihan pertama harus memilih program studi di lingkungan Universitas Pasundan.

  1. Masukan

Masukan (input) sistem adalah segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem dan selanjutnya menjadi bahan yang diproses. Masukan dapat berupa hal-hal yang berwujud (tampak secara fisik) maupun yang tidak tampak. Contoh masukan yang berwujud adalah bahan mentah, sedangkan contoh yang tidak berwujud adalah informasi (misalnya permintaan jasa pelanggan). Input dari sistem penerimaan mahasiswa baru terdiri dari calon mahasiswa itu sendiri yang terdiri atas WNI maupun WNA yang memutuskan ingin kuliah di Universitas Pasundan.

  1. Proses

Proses merupakan bagian yang melakukan perubahan atau transformasi dari masukan menjadi keluaran yang berguna dan lebih bernilai, misalnya berupa informasi dan produk, tetapi juga bisa berupa hal-hal yang tidak berguna, misalnya saja sisa pembuangan atau limbah. Pada pabrik kimia, proses dapat berupa bahan mentah. Pada rumah sakit, proses dapat berupa aktivitas pembedahan pasien.

Proses Penerimaan

Tahapan – tahapan dalam Proses penerimaan antara lain :

  1. Proses Penerimaan
  2. Proses Seleksi

Proses seleksi merupakan proses pencarian bibit – bibit unggul calon mahasiswa baru

Universitas Pasundan melalui ujian Test Potensi Akademik yang bertujuan untuk melihat potensi, minat dan bakat calon mahasiswa dalam menentukan pilihan program studi yang berdasarkan kemampuan potensi diri calon mahasiswa tersebut.

  1. Proses Daftar Ulang

Proses daftar ulang merupakan proses registrasi ulang calon mahasiswa baru yang

dinyatakan lulus USM, dengan membawa uang daftar ulang dan pembukaan rekening Bank Jabar Banten yang akan digunakan sebagai media transaksi pembayaran uang kuliah.

Jadwal Kegiatan

            Setelah melakukan daftar ulang calon mahasiswa baru melakukan pendaftaran OPMB (Orientasi Pengenalan Mahasiswa Baru), lalu melaksanakan OPMB tersebut sebagai tahap akhir proses menjadi mahasiswa baru Universitas Pasundan. Ada tiga tingkatan OPMB di Universitas Pasundan yaitu : (i) OPMB tingkat Universitas yang dilakukan secara bersamaan di suatu tempat oleh seluruh calon mahasiswa baru (ii) OPMB tingkat Fakultas yang dilakukan oleh seluruh calon mahasiswa baru di fakultas masing-masing dengan kegiatan yang berbeda antar fakultas (iii) OPMB tingkat Jurusan yanh dilakukan seluruh calon mahasiswa baru di suatu tempat yang berbeda antar jurusan dan dengan kegiatan berbeda pula sesuai jurusan, tingkat OPMB semakin spesifik.

  1. Keluaran

Keluaran (output) merupakan hasil dari pemrosesan. Pada sistem informasi, keluaran bisa berupa suatu informasi, saran, cetakan laporan, dan sebagainya. Merupakan hasil dari pemrosesan. Keluaran dari sistem penerimaan mahasiswa baru adalah calon mahasiswa yang menjadi mahasiswa Universitas Pasundan.

  1. Batas

Yang disebut batas (boundary) sistem adalah pemisah antara sistem dan daerah di luar sistem (lingkungan). Batas sistem menentukan konfigurasi, ruang lingkup, atau kemampuan sistem. Penentuan Harga Dpp merupakan batas dar sistem penerimaan mahasiswa baru Universitas Pasundan.

  1. Mekanisme Pengendalian dan Umpan Balik

Mekanisme pengendalian (control mechanism) diwujudkan dengan menggunakan umpan balik (feedback), yang mencuplik keluaran. Umpan balik ini digunakan untuk mengendalikan baik masukan maupun proses. Tujuannya adalah untuk mengatur agar sistem berjalan sesuai dengan tujuan. Mekanisme Pengendalian dari penerimaan mahasiswa baru dengan menentukan kriteria atau persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar, dengan terpenuhinya persyaratan yang ditetapkan akan memudahkan calon mahasiswa baru menjalani proses menjadi mahasiswa Unpas. Demikian pula saat proses merubah calon mahasiswa baru menjadi mahasiswa baru Unpas juga memerlukan pengendalian dengan adanya OPMB, selama proses OPMB (Orientasi Pengenalan Mahasiswa Baru) juga ditetapkan peraturan-peraturan selama calon mahasiswa menjalani prosesnya. Hal ini ditujukan agar calon mahasiswa merubah pola pikir kekanak-anakan yang dibawa dari masa sekolah SMA, menciptakan kepribadian mahasiswa yang intelek dan disiplin.

  1. Lingkungan

Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di luar sistem. Lingkungan bisa berpengaruh terhadap operasi sistem dalam arti bisa merugikan atau menguntungkan sistem itu sendiri. Lingkungan yang merugikan tentu saja harus ditahan dan dikendalikan supaya tidak mengganggu kelangsungan operasi sistem, sedangkan yang menguntungkan tetap harus terus dijaga, karena akan memacu terhadap kelangsungan hidup sistem.

Tinggalkan komentar